Perbandingan preferensi konsumen dengan pedagang terhadap cabai rawit domba (Capsicum frutescens l.) di pasar manis ciamis

  • Yayah Haeriah Universitas Insan Cendekia Mandiri
  • Edeng Hidayat Fakultas Pertanian, Universitas Insan Cendekia Mandiri
  • Asep Najmudin Fakultas Pertanian, Universitas Insan Cendekia Mandiri
  • Wendi Juliawan Fakultas Pertanian, Universitas Insan Cendekia Mandiri
  • Vega Chendra Mulyana Fakultas Pertanian, Universitas Insan Cendekia Mandiri
Keywords: Cabai rawit domba, konsumen, pedagang, persepsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan preferensi konsumen dengan preferensi pedagang terhadap atribut cabai rawit domba (warna, ukuran, tingkat kepedasan, dan kesegaran). Sampel penelitian ini adalah konsumen yang sedang atau sudah membeli cabai rawit domba di Pasar Manis Ciamis sebanyak 96 Orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan systematic random sampling. Sampel pedagang diambil 20 Orang dengan mengunakan simple random sampling. Untuk analisis data menggunakan Uji Kolmogorov Smirnov dan uji Mann Whitney-U. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa masing-masing atribut cabai rawit domba memiliki nilai D-hitung > D-tabel, artinya terdapat kecenderungan dari konsumen dan pedagang dalam memilih cabai rawit domba di Pasar Manis Ciamis menurut atribut cabai rawit domba. Berdasarkan pengujian Mann Whitney-U terdapat perbedaan preferensi konsumen dengan preferensi pedagang terhadap atribut cabai rawit domba (warna, ukuran, tingkat kepedasan, dan kesegaran).

References

BPS.2020. Pola Konsumsi Penduduk Jawa Barat 2020. Badan Pusat Statistik. Https://jabar.bps.go.id
BPS.2020.Produksi Tanaman Sayur 2020. https://www.bps.go.id/indicator/55/61/1/produksi-tanaman-sayuran.html (diakses pada tanggal 10 Oktober 2021).
Cahyono,B.2003.Cabai Rawit. Yogyakarta: Kanisius.
C.S.T. Kensil dan Christine S.T. Kansil. Pokok-pokok Pengetahuan Hukum Dagang
Indonesia. Sinar Grafika. Jakarta. 2008
Kharis, M. Sadewo. 2020. Perilaku konsumen terhadap pembelian sayuran di pasar tradisional melati kota Medan Kecamatan Medan Tuntungan. Skripsi. Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan
Kotler, P &Keller K.L. 2009. Manajemen Pemasaran. Ed ke-13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Belas Jilid 2. Jakarta Barat : PT Indeks.
Nicholson, W. 1991. Teori Ekonomi Mikro Jilid I. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Nwoken, C. O., E. B. Agbaji, J. A. Kagbu, E. J. Ekanem. 2010. Determination of Capsaicin Content and Pungency Level of Five Different Peppers Grown In Nigeria. Department of Chemistry. Ahmadu Bello University: Nigeria.
Nugroho, J Setiadi. Prilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian, Pemasaran. Prenada Media Group. Jakarta. 2013
Sudrajat, HM. 2006. Statistika Sosial. Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran. Bandung
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Cv Alfabeta. Bandung
Sumarwan, U. 2004. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran. Andi. Yogyakarta
Tomy Prasetia. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Cabe Merah Di. Kecamatan Tembilahan. Jurnal Agribisnis Unisi Vol.8 No.1 Tahun 2019.
Walgio, Bimo. Pengantar Psikologi Umum. Penerbit Andi, Yogyakarta, 2005
Published
2022-09-02
Section
Articles