Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Serta Dampaknya Terhadap Citra STIE INABA Bandung

  • Suhendar Suhendar stie tridharma
Keywords: Bauran Promosi, Tingkat kepuasan Mahasiswa, Citra

Abstract

STIE INABA merupakan salah satu sekolah tinggi di Bandung yang telah cukup lama berdiri dan sampai saat ini terus meningkatkan pelayanan dan promosi melalui saluran informasi tepat agar capaian tingkat kepuasan bagi mahasiswa berdampak pada citra lembaga tersebut tetap baik di mata Mahasiswa, Alumni dan Masyarakat sehingga mereka akan terus merekomendasikan keluarga, teman dan rekan untuk menempuh pendidikan di STIE INABA.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap tingkat kepuasan mahasiswa, Bauran promosi terhadap citra, tingkat kepuasan terhadap citra dan pengaruh bauran promosi terhadap citra melalui tingkat kepuasan mahasiswa di STIE INABA Bandung.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi; metode analisis deskriptif dan verifikatif.

Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa; dari hasil analisis deskriptif bahwa bauran promosi yang terdiri dari; Periklanan, Penjualan perorangan, Promosi penjualan, Hubungan Masyarakat, Word of Mouth, pemasaran langsung, Publikasi memiliki kriteria tinggi rata-rata (73,09%), tingkat kepuasan memiliki kriteria rendah (40,50%) dan citra STIE INABA memiliki kategori tinggi (73,64%). Berdasarkan hasil uji analisis verifikatif menunjukan bahwa secara simultan pengaruh bauran promosi (X) terhadap tingkat kepuasan Mahasiswa (Y) sebesar 0,045 atau sebesar 4,5% dan secara parsial, pengaruh Periklanan (X1) memberikan kontribusi sebesar 19,1%, pengaruh Word of Mouth memberikan kontribusi sebesar 7,2% dan Pemasaran langsung memberikan kontribusi sebesar 12,4%, sementara variabel lainnya tidak memberikan  kontribusi atau hasil negatif. Sedangkan uji hipotesis menunjukkan bahwa bauran promosi (X) tidak berpengaruh terhadap tingkat kepuasan Mahasiswa (Y) karena hasil Fhitung < dari Ftabel yaitu 0,562<2,121. Pengaruh Bauran promosi (X) terhadap citra (Z) signifikan dengan hasil Fhitung > dari Ftabel yaitu 12,729 > 2,121. Tingkat kepuasan Mahasiswa tidak berpengaruh terhadap Citra dengan hasil Fhitung < dari Ftabel 1,089<2,121 sementara Pengaruh Bauran Promosi (X) terhadap Citra (Z) dipengaruhi oleh Tingkat Kepuasan (Y) signifikan dengan hasil Fhitung < dari Ftabel yaitu 11,310 > 2,121 dengan tingkat signifikansi 0,05.

 

References

Alma, Buchari, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung, 2011.
Kotler,Philip (2001) Manajemen Pemasaran Edisi Milenium, Prenhalindo, Jakarta, 2001
Kotler,Philip & Kevlin Lane, Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi 13, Erlangga, 2009.
Lupioadi,Rambat & A. Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa, Lupioadi, Salemba Empat,
Jakarta, 2006.
Saladin, Djaslim, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan Dan Pengendalian, Linda Karya Bandung, 2004
Sugiyono (2010), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung
Tjiptono,Fandy & Chandra,Gregorius, Service, Quality & Satisfaction, Edisi 3, Andi Yogyakarta, 2005.
Wilkie and Moore (2007) dalam American Marketing Association, (Kotler, 2005).
Alida Wahyuni, Jurnal Liquidity Vol. 1, No. 2, Juli-Desember 2012, hlm. 175- 182, “Kajian Bauran Promosi Di Perguruan Tinggi “X”
Lymperopoulos (2008) dalam Editorial Journal of Financial Services Marketing dalam Alidia Wahyuni
Satrio Budi Prakoso, Analisis Pengaruh E-Promotion, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Buck Store Semarang, Skripsi, Universitas Diponegoro, 2014
Soedijati, Elizabeth Koes, dalam Bina Ekonomi Majalah Ilmiah Fakultas Ekonomi Unpar, Vol.15 No.2, Agustus 2011)
https://www.academia.edu/4422523/
http://www.kopertis4.or.id
http://merdifransisca.blogspot.com/
Published
2020-05-28
Section
Articles