PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. INTIKARYA SEJAHTERA DI TANGERANG

  • Henita Sri Muliani STAB Dharma Widya
  • Aris Ariyanto Universitas Pamulang
  • Triyadi Triyadi Universitas Pamulang
  • Agus Sudarsono Universitas Pamulang
  • Made Faisal Akbar Universitas Pamulang
Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian pada PT. Intikarya Sejahtera di Tangerang.

Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis.

Hasil penelitian ini kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 41,1%, uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,106 > 1,986). Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 51,3%, uji  hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (9,945 > 1,986). Kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y = 9,099 + 0,290X1 + 0,490X2 dan kontribusi pengaruh sebesar 57,0%, uji hipotesis diperoleh F hitung > F tabel atau (61,648 > 2,700).

References

Algifari (2015). Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.
Basu Swastha Dharmmesta. (2016). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta. Buchari Alma. 2014. Manajemen pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi.
Bilson Simamora (2016) Panduan Riset Prilaku Konsumen, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Imam Ghozali (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Irawan, Handi, (2016), Prinsip-Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
Istijanto (2014) Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Kotler dan Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. (Edisi 12). Jakarta: PT. Indeks.
Lukiastuti, Fitri, et.al (2020). The Influence of Entrepreneur’s Personal Characteristics on SMES Performance Mediated by Entrepreneurial Orientation. International Journal of Psychosocial Rehabilitation. Volume 24 - Issue 8
Peraturan Menteri Perindustrian No. 65 tahun 2016 tentang ketentuan dan tata cara penghitungan nilai tingkat komponen dalam negeri produk telepon seluler, komputer genggam (Handheld), dan komputer tablet.
Purwanti, P., Sarwani, S., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Unilever Indonesia. Inovasi, 7(1), 24-31.
Rao Purba, (2012). Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysis, The Asian.
Singgih Santoso (2015). Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sudjana (2014) Metode Statistika, Bandung: Tarsido.
Sugiyono (2017), Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & D, Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sunarsi, D. (2018). Pengembangan Sumber Daya Manusia Strategik & Karakterisrik Sistem Pendukungnya : Sebuah Tinjauan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 178 - 194.
Sunarsi, D., & Baharuddin, A. (2019). The Effect of Service Quality and Price Accuracy on Consumer Confidence and Implications for Sales Increase. PINISI Discretion Review, 3(2), 101-110.
Published
2020-10-31
Section
Articles