Impact of Variety Seeking, dan Elektronic Word of Mouth of Cosmetic Brand Switching Brand Switching di Industri Kosmetik Indonesia

  • Musnaini Musnaini Universitas Jambi
  • Hadion Wijoyo STMIK Dharmapala Riau
Keywords: Variety Seeking, Electronic Word of Mouth, Brand Switching.

Abstract

The study aims to determine the behavior of women switching cosmetic brands. Switching brands is very easy to do, when there are many new brands for the same product. This study uses an exploratory approach. with purposive sampling method to get the opinion of 100 women, through a questionnaire containing question items related to the effect of variety seeking, and electronic word of mouth on brand switching. The research data were analyzed using multiple linear regression and running using SPSS version 22.0 software. The data presentation shows that all questionnaire items are valid and have good reliability. The results showed that partially only electronic word of mouth was significant towards brand switching (Y) but simultaneously there was no significant difference between variety seeking (X1) and electronic word of mouth (X2).

Studi bertujuan untuk mengetahui perilaku perempuan berpindah merek kosmetik. Perpindahan merek sangat mudah dilakukan, disaat banyak merek baru untuk produk yang sama. Studi ini menggunakan pendekatan eksplorasi. dengan metode purposive sampling untuk mendapatkan pendapat 100 orang wanita, melalui kuisioner yang memuat item pertanyaan terkait pengaruh dari variety seeking, dan electronic word of mouth terhadap brand switching. Data penelietian di analisa menggunakan regresi linear berganda dan dirunning menggunakan software SPSS versi 22.0. Penyajian data menunjukkan seluruh item kuisioner valid dan reabiltas yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial hanya electronic word of mouth signifikan terhadap brand switching (Y) tetapi secara simultan variety seeking (X1) dan electronic word of mouth (X2) tidak ada perbedaan yang signifikan.

References

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Edisi Ketiga. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hakim, Muhammad Andie. 2016. Analisis Pengaruh Word of Mouth, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Perpindahan Merek Sepeda Motor Bebek Yamaha ke Honda. Repository Universitas Diponegoro: Semarang.
Haudi, H. W., & Cahyono, Y. (2020). Effect Of Product Innovation and Marketing Strategy on Consumer Purchase Decisions In Indonesia's Lightweight Roof Steel Industry. Journal of Critical Reviews, 7(13), 4147-4155.
Husein, Umar. 2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Kedua. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Kotler, P., & Keller, K. 2008. Manajemen Pemasaran : Edisi 12 Jilid 1.Jakarta : PT. Indeks. hlm. 332
Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Alih Bahasa Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga. hlm. 30
Malhotra, Naresh K. 2009. Riset Pemasaran Pendekatan Terapan, Edisi Keempat Jilid 1. Jakarta. Indeks.
Nugroho, Buono Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS.Edisi Pertama. Yogyakarta: ANDI.
Peter, J. P., & Olson, J. C. 2002. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran, Edisi Kesembilan Buku 1, Alih Bahasa Diah Tantri Dwiandani. Jakarta: Salemba Empat.
Ranto, Dwi Wahyu Pril. 2013. Menciptakan Islamic Branding Sebagai Strategi Menarik Minat Beli Konsumen. JBMA. Vol. 1 No.2
Setyawati, E., Wijoyo, H., & Soeharmoko, N. (2020). Relational Database Management System (RDBMS).
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Suherman, M., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). INDUSTRY 4.0 vs SOCIETY 5.0.
Sunarsi, D. (2020). Implikasi Digitalisasi Umkm. Digitalisasi UMKM, 57.
Wijoyo, H. Perancangan Sistem Informasi Administrasi pada Quality Fresh Laundry Pekanbaru. JS (Jurnal Sekolah), 4(1), 27-32.
Wijoyo, H., Devi, W. S. G. R., Ariyanto, A., & Sunarsi, D. (2021). The Role of Regular Tax Functions in the Pandemic Period Covid-19 at Pekanbaru. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(10), 509-512.
https://kemenperin.go.id/artikel/18957/Industri-Kosmetik-Nasional-Tumbuh-20
Published
2021-02-28
Section
Articles