Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Kopi Serampas

  • Nopisari Nopisari Universitas Jambi
  • Musnaini Musnaini Universitas Jambi
  • Wiara Sanchia Grafita Ryana Devi Universitas Insan Cendekia Mandiri
Keywords: Brand Image, Product Quality, Purchase Interest, Citra Merek, Kualitas Produk, Minat Beli

Abstract

The competition of coffee in the current era of globalization is increasingly competitive, especially in coffee in Indonesia. Serampas coffee as one of the leading new coffees in Indonesia, has difficulty in controlling the coffee market segment. This can be seen from the 2015-2016 National coffee sales data examined by International Data Corporation Asia, Serampas coffee is in the tenth position of other coffee in Indonesia in coffee sales in Indonesia. The purpose of this study was to determine the effect of Brand Image and Product Quality on Interest in Buying Serampas Coffee Products in Bangko City. The sampling method uses non-probability sampling method with purposive sampling technique. The number of samples in this study amounted to 115 respondents of consumers of Serampas coffee in the City of Bangko, are users of Serampas coffee and know about Serampas coffee in the City of Bangko Statistical analysis methods consisting of, multiple linear regression analysis, simultaneous significant testing (F test), testing partial significance (t test), and analysis of determination coeficient. The results of this study indicate that the Brand Image variable has a significant positive effect on Purchase Interest and the Product Quality variable has a significant positive effect on Buy Interest. The results of quantitative analysis prove that the Brand Image (X1) variable has the greatest influence on Purchase Interest in Serampas coffee.

Persaingan kopi di era globalisasi saat ini semakin kompetitif khususnya pada kopi di Indonesia kopi serampas sebagai salah satu kopi baru ternama di Indonesia, mengalami kesulitan dalam menguasai segmen pasar kopi. Hal ini dapat dilihat dari data penjualan kopi Nasional tahun 2015-2016 yang diteliti oleh Internasional Data Corporation Asia, kopi Serampas berada pada posisi ke sepuluh dari kopi lain nya yang ada di Indonesia dalam penjualan kopi di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk kopi Serampas di Kota Bangko.Metode pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 115 responden konsumen kopi Serampas di Kota Bangko, merupakan pengguna kopi Serampas dan tahu tentang kopi Serampas yang berada di Kota Bangko Metode analisis statistik yang terdiri dari, analisis regresi linier berganda, pengujian signifikan simultan (uji F), pengujian signifikan parsial (uji t), dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Citra Merek berpengaruh positif secara signifikan terhadap Minat Beli dan variabel Kualitas Produk berpengaruh positif secara signifikan terhadap Minat Beli.Hasil analisis kuantitatif membuktikan bahwa variabel Citra Merek (X1) memberikan pengaruh paling besar terhadap Minat Beli pada kopi Serampas.

 

References

Alma, B. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Edisi 2. Bandung: ALFABETA.
Alma. Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: CV. Alfabeta.
Angipora, Hendra. 2002, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MPV Merek Toyota Kijang Inovva di Semarang”, Journal of Management, Vol. 2, No. 3.
Angipora, Hendra. 2002, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MPV Merek Toyota Kijang Inovva di Semarang”, Journal of Management, Vol. 2, No. 3.
Ferdinand, Augusty. 2006. Metode penelitian Manajemen: “Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tensis, dan disertai Ilmu Manajemen”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro. Kotler, Plilip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Mileinium. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
H Wijoyo, WSGR Devi, A Ariyanto, D Sunarsi (2020). The Role of Regular Tax Functions in the Pandemic Period Covid-19 at Pekanbaru, TIN: Terapan Informatika Nusantara.
Juni Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Amstrong, Yudhi. 2008, “Kualiatas Produk, Merek dan Desain Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio”, Jurnal EMBA. Vol. 1, No. 3.
Kotler, dan Amstrong, Setyo. 2012, “Pengaruh Iklan Televisi dan Harga Terhadap keputusan Pembelian Sabun Lux”, Jurnal Riset Sains Indonesia.Vol. 3, No. 1.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller 2016. Marketing Managemen. Edisi 15Global Edition. Pearson.
Kotler, Plilip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Mileinium. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler. Philip dan Keller Kevin. 2011. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, diterjemahkan oleh Benyamin Molan. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Malau, Harman. 2017. Manajememn Pemasaran. CV Alfabeta. Bandung. Oentoro, Deliyanti. 2010. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laksbang
Pressindo. Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behavior. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Jilid 2. Edisi 4. Jakarta: Erlangga.
Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Edisi 5 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2007. Statistika Penelitian. Bandung: CV ALFABETA. Supranto, J.
2000. Statistik Teori dan Aplikasi. Edisi I. Jilid I. Jakarta: Erlangga Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, CV. Alfabeta, Bandung.
Susanto, Christian. 2004. “Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen pada Makanan Tradisional”. Jurnal EMBA. Vol. 1, No. 3, September.
Susanto, Christian. 2004. “Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen pada Makanan Tradisional”. Jurnal EMBA. Vol. 1, No. 3, September.
Swastha Basu dan Irwan, Herry. 2003. “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Galaxy Series”. Jurnal UG. Vol. 7, No. 5.
Swastha, Basu dan T. hani Handoko. 2001. Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Keempat. Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa Yogyakarta: Andi Offset Tjiptono, Fandy.
2008. Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Andi, Yogyakarta.
Wijoyo, H. (2020). Analisis Pengendalian Internal Dalam Pemberian Kredit Pada PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Indomitra Mandiri. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(4), 157-162.
Wijoyo, H. (2018). Analisis Pengakuan Pendapatan dan Beban Kontrak Konstruksi Pada PT. Wahana Tata Riau. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 9(2), 2034- 2043.
Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Manajemen internasional. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H. (2020). Human Resources Management Implementation Impact on Job Satisfaction and Employee Loyalty an Overview. In Jambi Economic Business & Accounting Conference (JEBAC), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi.
Wijoyo, H. Problematika Hukum di Bidang Investasi dalam Era Otonomi Daerah. Jurnal Hukum Respublica, 5(2).
Wijoyo, H. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.
Published
2021-04-30
Section
Articles