PENGARUH DISTRIBUTIVE JUSTICE, PROCEDURAL JUSTICE DAN INTERACTIONAL JUSTICE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PADA TOKO NABIILA PONSEL PEKANBARU

  • Firmansyah Firmansyah STMIK DHARMAPALA RIAU
Keywords: Distributive Justice, Procedural Justice, Interactional Justice, Customer Satisfaction, Kepuasan Pelanggan

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of distributive justice on customer satisfaction at the Nabiila Ponsel Pekanbaru shop, to determine the effect of procedural justice on customer satisfaction at the Nabiila Ponsel Pekanbaru shop, to determine the effect of interactional justice on customer satisfaction at the Nabiila Ponsel Pekanbaru shop. The population in this study were customers who did service to the Nabiila Mobile Shop Pekanbaru, so the research sample was 96 samples, the data analysis technique in this study used multiple linear regression analysis. The results of the study are that distributive justice has a significant effect on customer satisfaction at the Nabila Ponsel Shop Pekanbaru, procedural justice has a significant effect on customer satisfaction at the Nabila Ponsel Shop Pekanbaru. interactional justice has a significant effect on customer satisfaction at the Nabila Ponsel Shop Pekanbaru. Distributive justice, procedural justice and Interactional justice have a significant effect on customer satisfaction at the Nabila Ponsel Pekanbaru Store, and procedural justice is the most dominant variable affecting customer satisfaction at the Nabila Ponsel Pekanbaru shop.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh distributive justice terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Nabiila Ponsel Pekanbaru, untuk mengetahui pengaruh procedural justice terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Nabiila Ponsel Pekanbaru, untuk mengetahui pengaruh interactional justice terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Nabiila Ponsel Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan service ke Toko Nabiila Ponsel Pekanbaru, sehingga sampel penelitian sebesar 96 orang sampel, teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakana analisis regersi linier berganda. Hasil penelitian adalah distributive justice berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Nabila Ponsel Pekanbaru, procedural justice berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Nabila Ponsel Pekanbaru. interactional justice berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Nabila Ponsel Pekanbaru. Distributive justice, procedural justice dan Interactional justice berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Nabila Ponsel Pekanbaru, danĀ  procedural justice adalah variabel yang paling dominan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan pada Toko Nabila Ponsel Pekanbaru

References

Gitasiswhara, Taufik Abdullah dan Fauziah Dwisti Karina (2016). Pengaruh Service Recovery Terhadap Kepuasan Penumpang Dibandara Husein Sastranegara. Tourism and Hospitality Essential (THE) Journal, Volume VI, Nomor 1.
Noor. 2011. Metolodogi Penelitian. Prenada Media Group, Jakarta.
Fatricia, R.S., Priadi, E. 2018. Pengaruh Service Recovery Terhadap Kepuasan Pelanggan Speedy. Jurnal Digest Marketing Vol. 3 No.1.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet. Bandung.
Wicaksana Bagas dan Rizal Hari Magnadi (2015). Pengaruh Service Recovery Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Minat Guna Jasa Ulang. Diponegoro Journal of Management, Volume 4, Nomor 3.
Published
2021-08-31
Section
Articles