STRATEGI MANAJEMEN PERUBAHAN PERUSAHAAN DI ERA TRANSFORMASI DIGITAL
Abstract
Change management is a way for a company or individual to make different efforts from the present or the past towards a better future. The development of digital technology has provided major and fundamental changes in various aspects of life as well as business organizations. This article aims to discuss concepts and practical approaches in managing change in business organizations in the digital era. so that digital transformation is carried out by planning and implementing strategies and producing companies that are more prepared to face change. This research uses literature study as the research method. The literature study in this study used several sources in the form of e-books and previous journals. The results of the study show that changes in an organization occur because of a common goal that wants to be changed along with digital developments that are increasingly increasing in a short period of time.
Manajemen perubahan adalah cara perusahaan atau pribadi melakukan upaya berbeda dengan saat ini atau masa yang lalu menuju ke masa depan yang lebih baik. Perkembangan teknologi digital telah memberikan perubahan besar dan mendasar dalam berbagai aspek kehidupan begitu pula halnya dengan organisasi bisnis. Artikel ini bertujuan untuk membahas mengenai konsep dan pendekatan praktis dalam mengelola perubahan organisasi bisnis di era digital. agar transformasi digital yang dilakukan secara dengan perencanaan dan implementasi strategi dan menghasilkan perusahaan yang lebih siap menghadapi perubahan. Penelitian ini menggunakan studi literature sebagai metode penelitiannya. Studi literature dalam penelitian ini menggunakan beberapa sumber berupa e-book maupun jurnal-jurnal terdahulu. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya Perubahan dalam suatu organisasi terjadi karena adanya tujuan bersama yang ingin dirubah seiring dengan perkembangan digital yang kian mengalami peningkatan dalam kurun waktu yang singkat.
References
Anwar, M. (2019). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Prenada Media.
Arifin, M. (2017). Strategi Manajemen Perubahan dalam Meningkatkan Disiplin di Perguruan Tinggi. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1).
Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2).
Hidayanto, A. N., Hartana, D. S., & Hapsari, I. C. (2010). Strategi Manajemen Perubahan untuk Mendukung Implementasi Sistem Informasi Rumah Sakit Studi Kasus: RSUD RAA Soewondo Pati. Jurnal Sistem Informasi, 6(2), 108–116.
Irawan, A. W. (2018). Manajemen Perubahan pada Perusahaan Keluarga: Studi Kasus PT Roda Bahari. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 2(1), 59–72.
Jagokata. (2022). Arti Kata Perusahaan Menurut KBBI. jagokata.com. https://jagokata.com/arti-kata/perusahaan.html#:~:text=%5Bperusahaan%5D.
Joeliaty, J., & Firmansyah, Y. (2016). Pengaruh Manajemen Perubahan Terhadap Organisasi Pembelajaran Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai pada PT. KAI (Persero) Daop II Bandung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(3), 319–333.
Ratnasari, S. L., Fitri, D., Zulkifli, Z., Nasrul, H. W., & Supardi, S. (2020). Analisis Manajemen Perubahan, Kepemimpinan Transformasional, Struktur Organisasi, Budaya Organisasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Benefita, 5(2), 225–237.
Sakban, S., Nurmal, I., & Ridwan, R. Bin. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 2(1), 93–104.
Siswanti, I., Sitepu, C. N. B., Butarbutar, N., Basmar, E., Saleh, R., Sudirman, S., Mahyuddin, M., Parinduri, L., & Prasasti, L. (2020). Manajemen Risiko Perusahaan. Yayasan Kita Menulis.
Tampubolon, M. P. (2020). Change Management Manajemen Perubahan: Individu. In
Tim Kerja Organisasi.
Yusuf, M. (2019). Strategi Manajemen Perubahan Pola Pikir SDM Guna Menghadapi Persaingan Era Industri 4.0 Pada Industri Manufaktur. Seminar Nasional Dan the 6th Call for Syariah Paper (SANCALL) 2019.