PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN POTONGAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN UMKM WAROENG KOREJAT KOTA BANDUNG
Abstract
UMKM Waroeng Korejat merupakan salah satu Usaha yang berada dilingkungan warung korejat yang memiliki peran dalam penjualan dilingkungannya. Dalam penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu Kualitas Produk (X1), Potongan Harga (X2) dan Minat Beli (Y). Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap minat beli (2) untuk mengetahui pengaruh potongan harga terhadap minat beli. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang besifat deskriptif yakni bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh dari masing-masing variabel. Penelitian ini menggunakan inccidental sampling dengan jumlah 76 orang. Alat yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisita. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (1) kualitas produk (X1) terhadap minat beli (Y) yang ditunjukkan dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak,maka hipotesis diterima artinya variabel kualitas produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (Y). (2) Potongan harga (X2) terhadap minat beli (Y) yang ditunjukkan dengan tingkat signifikansi 0,023 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak, artinya variabel potongan harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (Y). (3) secara simultan kualitas produk dan potongan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,005.Selanjutnya untuk mengetahui seberapa besar variabel bebas menjelaskan variabel terikat dapat ditunjukkan pada nilai koefisien determinasisebesar 48,6% variabel bebas (kualitas produk dan potongan harga) menjelaskan variabel terikat (minat beli) dan 51,4% dipegaruhi variabel lain.
References
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Pemasaran Strategik (2nd ed.). Yogyakarta: Andi.
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta
Kotler, P. (2013). Manajemen Pemasaran (10th ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: PT. Index.
Abdullah, T., & Tantri, F. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Aditi, B., & Hermansyur. (2018).
Pengaruh Atribut Produk dan Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 19(1), 64–72.
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.
Arianty, N. (2018). Effect Of Ads And Quality Of Products On Decision Of Purchasing Frisian Flag Product In Medan City. International Conference On Global Education VI, 1121-1130.
Arianty, N. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 16(2), 68–81.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Erlangga. Astuti, R., & Abdullah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Ilman : Jurnal Ilmu Manajemen, 5(2), 14–23. Daulay, R., & Saputra, R. (2019).
Analysis Of Customer Relationship Management And Marketing Strategies Against Competitive Advantage On The Company’s Distributor In Medan City. ICEMAB 2018, 1–9.
Fahmi, M. (2016). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Tribun Medan. Jurnal Ilmiah Maksitek, 1(1), 65– 72.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Pemasaran Strategik (2nd ed.). Yogyakarta: Andi.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: PT. Index.
Purnama, N. I., & Rialdy, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Alat-Alat Bangunan Pada PT. Rodes Chemindo Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 174–181.
Zulaicha, S., & Irawati, R. (2016). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2), 31–47.
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: Pustaka Setia.
Daulay, R., & Saputra, R. (2019). Analysis Of Customer Relationship Management And Marketing Strategies Against Competitive Advantage On The Company’s Distributor In Medan City. ICEMAB 2018, 1–9.
Septian Wahyudi ,2017. “ Pengaruh Price Discount Terhadap Impulse Buying”. Fakutas Ilmu Sosial dan Politik . Universitas Islam Riau.
Melva Sianipar,2017. “Pengarh Potongan Harga Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan Indomaret Jamin Ginting Padang Bulan”. Universitas Sumatera Utara.
Sugiono.2011.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung : Alfabeta.
Sepang, J., & Joel, G. (2014). Pengaruh Motivasi, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Matic Merek Yamaha Mio Di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3), 1463–1472.
Kotler, Philip & Lene Kevin Keller. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Prenhallindo, 2008.
Dwi Prakoso, Nico. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Nasi Goreng Mafia). (Tugas Akhir D3). Tersedia di Database Penelitian Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University Bandung. (Nomor 16.06.123)
Widjaya Putra, Endhar, Srikandi Kumadji dan Edy Yulianto . (2016). Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Study pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Department Store Pasar Besar Malang). Tersedia di Database Jurnal Universitas Brawijaya Malang. (Vol. 38, No. 2)