IMPLEMENTASI PARENTING PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi apa saja yang dialami orang tua selama mendampingi anak di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan pendekatan kulitatif, metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian (1) menunjukkan fungsi orang tua adalah sebagai pembimbing, pendidik, penjaga, pengembang dan pengawas. Secara khusus menjaga dan memastikan anak untuk menerapkan hidup bersih dan sehat, mengikuti protokol kesehatan. (2) Pelaksanaan mendampingi anak dalam mengerjakan tugas sekolah secara daring, mengerjakan aktivitas bersama selama di rumah, menciptakan lingkungan yang nyaman agar anak betah tinggal di rumah saja, (3) Faktor pendukung pendidikan anak usia dini masa pandemi covid-19, adanya sarana dan prasarana pendukung untuk daring, adanya komunikasi swarah orang tua dan guru PAUD dengan baik, selain itu ada faktor penghambat yaitu orang tua yang bekerja tidak dapat sepenuhnya mendampingi anak belajar.
References
Adhim, Muhammad Fauzil, (2006), Positive Parenting: Cara-cara Islam Mengembangkan Karakter Positif pada Anak Anda, Bambang, Mizan Pustaka.
Albertus Adit, 12 Aplikasi Pembelajaran Daring Kerjasama Kemendikbud, Kompas.com
https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12-aplikasi-pembelajaran-daring-kerjasama-kemendikbud-gratis?page=all.
Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education, 14(1), 65–78. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639
Angus, D. C. (2020). Optimizing the Trade-off Between Learning and Doing in a Pandemi. Jama, 15261. https://doi.org/10.1001/jama.2020.4984
Berns, Roberta M.,Child, Family, School, (2007), Community Socialization and Support,United State: Thomson Corporation.
Broks, Jane (2001), The Process Of parenting, Terjemahan Fajar,R, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hidayati.L,(2020) Mendampingi anak berkebutuhan khusus Belajar dari rumah, PIAUD FITK IAIN Sultan Amai Gorontalo. Webinar
Jamaris.M.(2010). Oreientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Yayasasn Penamas Murni.
J.Syahran,(2014), Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Islam, Nadwa:Vol. 8, Nomor 2, Oktober 2014.
Khadilkar, H., Ganu, T., & Seetharam, D. P. (2020). Optimising Lockdown Policies for Epidemic Control using Reinforcement Learning. http://arxiv.org/abs/2003.14093
Lubis. Reza Noprial, M.Pd. Konsep Belajar Daring, https://rezalubis.com/pembelajaran-daring-untuk-paud/ 28 Juni 2020)
Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nooraeni R. (2017), Implementasi Program Parenting dalam Menumbuhkan Perilaku Pengasuhan Positif Orang Tua di PAUD Tulip Tarogong Kaler Garut, Jurnal PLS Volume 13, Nomor 2, Oktober 2017.
Rushton, S. (2010). Neuroscience, Play and Early Childhood Education: Connections, Implications and Assessment. Early Childhood Education Journal. 37:351–361
Suyanto, S. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidiikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Sujiono, (2009), Konsep Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, Indeks.
Tatik Ariyati, (2016), Parenting di PAUD sebagai Upaya Pendukung Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kependidikan `Khasanah Pendidikan`, Vol.IX,No.2. Maret 2016.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Visimedia.
Zahrok,S.,& Suarmini,N.W.(2018). Peran Perempuan Dalam Keluarga.IPTEK Journal of Proceedings Seres.https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4422