PENINGKATAN LISTENING SISWA DENGAN MENGGUNAKAN WEBSITE LEARNING ENGLISH. VOANEWS.COM

  • Syaefani Arif Romadhon Politeknik Harapan Bersama
  • M Sobri Sungkar Politeknik Harapan Bersama
  • M Sofyan Firmansyah Politeknik Harapan Bersama
Keywords: Mendengarkan, Pembelajaran Online, Website Bahasa Inggris

Abstract

Keterampilan Listening (mendengarkan) merupakan ketrampilan dasar yang perlu dikuasai sebelum beralih ke ketrampilan yang lainnya. Terdapat 4 aspek ketrampilan yang wajib dipahami oleh para siswa yaitu Listening, Speaking, Reading dan Writing. Fenomena saat ini yang masih tinggi kasus pandemik covid 19 di berbagai daerah bahkan di penjuru dunia, pembelajaran belum bisa dilaksanakan secara langsung atau tatap muka sehingga hal ini menuntut pengajar lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan proses belajar mengajar untuk menyesuaikan dengan kondisi saat ini dan guna menjaga mutu pendidikan. Pembelajaranpun dilaksanakan secara online dengan platform yang bervariasi seperti Zoom, Google Meet, Google Class Room, Edmodo, Instagram, Facebook, Blog, WA grup chat dan lain-lain. Selain menggunakan platform tersebut, pengajar dan siswa dapat mengakses beberapa website pembelajaran yang terkait dengan materi yang akan disampaikan. Salah satu website yang dimaksud adalah https://learningenglish.voanews.com/.   Dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Panti Asuhan Putera Muslimat disimpulkan sebagai berikut: 1. siswa dapat terbantu dengan adanya pelatihan penggunaan website tersebut. Mereka dapat mengasah skill Listening dengan web tersebut, 2. mendapatkan hasil positif dari Pengabdian Kepada Masyarakat di Panti Asuhan Putera Muslimat Brebes. Terdapat permintaan dari Pengelola/ Penanggung Jawab Panti Asuhan kepada tim PKM, yaitu permintaan untuk melaksanakan bimbingan bahasa inggris intensif untuk para siswa di panti asuhan. Sehingga diharapkan kemampuan bahasa inggris siswa meningkat dan merekapun siap untuk mengikuti perlombaan di luar

References

Abidin,Y. (2012). Pembelajaran bahasa berbasis pendidikan karakter. Bandung: Refika Aditama.
Mardianti, S. (2015). Peningkatan keterampilan menyimak cerita pendek menggunakan media vcd film katun pada siswa kelas V SDN 1 Pegandekan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Mustadi, A. (2010). Peningkatan prestasi belajar mahasiswa melalui metode task based teaching (TBT) pada mata kuliah bahasa Inggris di PGSD. Jurnal Majalah Ilmiah PGSD, 1 (1), pp. 42-50.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2013). Media pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.
Tarigan, H.G. (2008). Menyimak sebagai keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wilis, W., & Kirkwood. (2014). Bridging the gap: Meeting the needs of early childhood students by integrating technology and environmental education. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 2 (1), pp. 139-145.839
Published
2021-03-11