Peran PKBM Cemerlang Wonosobo dalam Memberdayakan Perempuan Menuju Kemandirian Berwirausaha

  • Ellis Intan Nurlaella Universitas Negeri Semarang
Keywords: PKBM, Pemberdayaan, Perempuan, Kemandirian, Berwirausaha

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran PKBM Cemerlang Wonosobo yang berkaitan dengan pemberdayaan perempuan menuju kemandirian berwirausaha, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan program – program pemberdayaan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di PKBM Cemerlang Wonosobo. Subjek penelitian berjumlah 1 Pemimpin PKBM, 2 Penglola Program, 2 Instruktur , dan 5 Peserta Pelatihan Pemberdayaan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peran PKBM Cemerlang Wonosobo dalam memberdayakan perempuan menuju kemandirian berwirausaha adalah sebagai berikut : membuat dan melaksanakan dua program yang terdiri dari program pelatihan pendidikan kecakapan wirausaha dan program pelatihan pemberdayaan dalam unit usaha. Faktor pendukung program yaitu kualitas pengelola yang bagus, strategi perencanaan program yang matang,intruktur yang berpengalaman, sarana dan prasarana yang mendukung, partisipasi peserta pelatihan, mitra kerja yang baik, sedangkan faktor penghambatnya adalah , terbatasnya kuota peserta, kurangnya kepercaya dirian peserta pelatihan , ketergantungan peserta pelatihan, prasangka buruk, terbatasnya waktu , ekpektasi  yang terlalu tinggi.

References

Dutta, Madhura. (2015). Women’s Empowerment through Social Theatre: A Case Study. Journal of Creative Communications.DOI:10.1177/0973258615569951.
Moleong, L.J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyono, Sungkowo Edy. (2020). Model Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Jalur Pendidikan Non Formal Di Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang. Jurnal Edukasi. Vol 14, No 1. P-ISSN 0852-0240 E-ISSN 2746-4016.
Nawawi, H. (2005). Metode penelitian bidang sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Published
2022-03-23