PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DIMASA PANDEMI COVID-19 DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Studi Empiris Terhadap Mahasiswa di STKIP Syekh Manshur Pada Mata Kuliah Pengantar Ilmu Pendidikan

  • Usep Saepul Mustakim Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Syekh Manshur
  • Ratna Dewi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Syekh Manshur
  • Ajeng Mulyasari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Syekh Manshur
  • Ade Juanto Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Syekh Manshur
Keywords: Pembelajaran, dan, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran tatap muka terbatas dimasa pandemi covid-19 ini tentu mendapatakan tantangan tersendiri karena dengan keterbatasan untuk saling menjaga protokoler kesehatan baik dosen maupun mahasiswa. Pembelajaran tatap muka terbatas dimasa pandemi ini diharapkan terlaksana dengan efektif dengan hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian ini bermaksud untuk mengetahui seberapa besar tingkat efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas dimasa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pengantar ilmu pendidikan dengan harapan interpretasi nilai yang tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif dimana data diperoleh dengan uji statistik yang dibantu dengan aplikasi SPSS for windows. Data diakumulasi dan dianalisis dengan analisis regresi sehingga setelah dilakukan perhitungan statistik diperleh nilai sebesar 61,70% yang mana nilai sebesar itu bisa diinterpretasikan cukup baik atau bisa dikatakan pembelajaran cukup efektif dimasa pandemi covid-19.

References

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajar. Jakarta : Rineka Cipta, 2009

Hamalik, O. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2009

Kamus Besar Bahasa Inggris (Online). Tersedia di http//www.kbbi.kemdikbud.go.id
Diakses 15 Juli 2020

Kemenkes RI Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan
Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Bandung: Alfabeta. 2011

SPSS 16.0 for windows

Surat Edaran Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi nomor
4 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun
Akademik 2021/2022
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Pasal 1 Ayat 20

https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_Covid-19 (diakses pada tanggal 6 September 2021)

https://www.lldikti4.or.id
Published
2022-03-28