PENGELOLAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DI TKQ AL-MUSLIMUN

  • Desty Rara Pringgandinie Universitas Insan Cendekia Mandiri
  • Virgina Octavia Asriliandatika Universitas Insan Cendekia Mandiri
Keywords: PPL, TKQ Al-Muslimun, APE

Abstract

Di dalam PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) ada berbagai macam salah satunya TKQ, Taman Kanak-Kanak Al-Quran (TKQ) adalah  lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan non formal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al-Qur'an sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar dinul Islam pada anak usia taman kanak-kanak,  di mana kurikulumnya ditekankan pada pemberian dasar-dasar membaca Al-Qur'an serta membantu pertumbuhan dan perkembangan rohani anak agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.Peraturan Pemerintah No. 55 tahun 2007 pasal 24 ayat 2 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Mengimplementasikan ilmu dan teori khususnya tentang alat permainan edukatif (APE) dan umumnya pengelolaan dan proses pembelajaran PAUD. Di dalam PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) ada berbagai macam salah satunya TKQ, Taman Kanak-Kanak Al-Quran (TKQ) adalah  lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan non formal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al-Qur'an sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar dinul Islam pada anak usia taman kanak-kanak. Tujuan dari  kegiatan ini adalah mengobservasi bagaimana pengelolaan program APE di TKQ tersebut. Berdasarkan pelaksanaan yang telah dilaksanakan maka dapat diperoleh hasil : 1) Observasi pembelajaran dan pengenalan karakteristik guru dan kepala sekolah sangat penting dilakukan agar proses kegiatan  dapat berjalan lancar. Kemampuan mengobservasi yang tepat akan memudahkan menyusun strategi pembelajaran yang didukung cara atau metode penyampaian yang sesuai sehingga akan memperlancar pelaksanaan pembelajaran. 2) Kegiatan mendewasakan cara berfikir dan meningkatkan daya penalaran mahasiswa dalam melakukan penelaahan, perumusan dan pemecahan masalah pendidikan. 3) memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki dalam kegiatan pembelajaran

References

AH, N. m. (2018). PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN FISIK-MOTORIK ANAK USIA DINI . Jurnal Program Studi PGRA, 128.
Baik Nilawati Astini, N. I. (2017). IDENTIFIKASI PEMAFAATAN ALAT PERMAIAN EDUKATIF (APE) DALAM. jurnal pendidikan anak, 32-34.
Hasanah, U. (2019). PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) PADA. Jurnal Pendidikan Anak, 22-23.
Laila, L. Z. (2013). PENYELENGGARAAN PROGRAM PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DI PAUD SIWI KENCANA KOTA SEMARANG. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, 78-79.
https://pontren.com/2022/08/24/perbedaan-tkq-tpq-dan-mdt/

http://repository.iainkudus.ac.id/4188/5/5.BAB%20II.pdf
Published
2023-03-30